Lathi, Kolaborasi Musik Tradisional dan EDM

Musik banyak menggabungkan akan berbagai macam kolaborasi tema dan budaya. Sebagai jenis karya yang digunakan untuk banyak menampilkan representasi dari hidup atau pemikiran dari manusia membuat lagu terkesan lebih hidup dan nyata. Tidak hanya sebagai aransemen musik untuk didengarkan secara biasa-biasa saja dalam mengisi waktu luang.

Musik juga sering juga menggabungkan dua macam konsep yang menjadi gabungan dari dua genre tertentu. Penggabungan ini sering disebut dengan istilah hibridisasi antara dua macam hal yang berbeda variannya menjadi satu jenis. Pihak yang melakukan penggabungan ini disebut dengan nama kolaborasi diantara login sbobet88 dan keduanya. Hal ini dilakukan untuk berbagai macam tujuan. Selain untuk menciptakan fenomena baru demi menarik minat masyarakat yang sudah sedikit lebih jenuh akan gaya biasanya yang lebih standar. Kolaborasi musik juga sering menjadi pilihan untuk menciptakan sebuah gagasan baru dalam dunia musik.

Di antara aneka tren musik modern yang populer di seluruh dunia, dan dapat disaksikan dengan mudah tanpa mengalami hambatan yang sulit, muncul sebuah grup musik bernama Weird Genius. Grup ini menciptakan jenis musik baru yang populer yaitu jenis musik pop techno, namun uniknya genre musik yang dibawakan tidak hanya seperti jenis musik pada umumnya. Banyak faktor unik yang membuat musik karya grup ini mencuat di pasaran hingga dikagumi, dan mendapat banyak respon dari berbagai kalangan. Untuk bisa mengetahui info lebih lanjut, mari kita ikuti pembahasan dibawah ini.

Lathi, Diciptakan Dengan Konsep Tradisional yang Dikemas Sampul Musik Kekinian

Tidak hanya minuman kekinian, namun juga terdapat tren gabungan akan konsep musik kekinian juga menjadi suatu hal yang populer dalam kehidupan masyarakat. Grup yang mempopulerkan musik Lathi ini menamakan diri mereka sebagai Weird Genius. Dimana beranggotakan tiga membernya yaitu Reza Oktovian atau yang lebih terkenal dengan nama Reza Arap, Eka Gustiwana, serta Gerald Liu yang menjadi anggotanya. Ketiga orang anggota ini bertugas dalam merancang musik yang akan digunakan serta menciptakan musik baru yang akan diluncurkan dalam sible maupun album kreasi mereka.

Tiga orang pria muda ini berperan tergolong cukup aktif dalam menciptakan aneka kreasi baru dalam lagu, proses kerjasama dengan pihak lain, maupun video klip yang menjadi konsep promosi dari lagu baru mereka sesuai dengan konsep yang diangkat dalam lagu tersebut. Eka Gustiwana dan Gerald Liu terkenal sudah memiliki kemampuan dan terbiasa dalam bermusik. Sehingga bukan menjadi hal yang sulit bagi mereka untuk dapat menciptakan aneka jenis musik baru untuk disajikan kepada para segenap masyarakat di Indonesia. Eka sendiri mengambil posisi dalam merancang instrumen musik pop yang akan disajikan, sedangkan Gerald yang merancang instrumen musik techno seperti layaknya aneka musik DJ dan berirama cepat dalam lagu-lagu Weird Genius. Sedangkan sang Reza Arap itu sendiri banyak berperan dalam menciptakan lirik lagu yang akan dinyanyikan dalam lagu kreasi mereka.

Saat Weird Genius sedang ingin merancang lagu Lathi, mereka pun banyak mengalami proses berembuk panjang dalam mengambil keputusan konsep apa yang akan disajikan serta kerjasama dengan siapa yang harus dilakukan untuk membuat lagu ini menjadi sempurna. Sampai akhirnya pilihan jatuh kepada artis dari Surabaya yang bernama Sara Fajira. Ketiganya mulai persiapan hingga melangsungkan proses perekaman dalam lagu serta video klip dari pembuatan lagu berjudul Lathi ini.

Di Antara Pro dan Kontra

Tentunya tidak berjalan mulus, banyak langkah terjal perlu dilalui oleh Weird Genius dalam memasarkan lagu kreasi mereka yang dirancang dengan sedikit unik dan cenderung agak ekstrim. Karya berjudul Lathi ini sendiri menggunakan kolaborasi di antara dua jenis musik, yaitu musik tradisional seperti yang menjadi ciri khas Jawa dan musik tekno seperti yang menjadi ciri khas dari musik DJ atau musik dugem. Jenis musik ini sendiri sebenarnya tidak menjadi suatu hal yang benar-benar baru di dunia hiburan Indonesia. Namun sedikit gaya penggambaran yang diusung dalam konsep video klip ini membuat banyak orangĀ  cenderung menganggap karya ini seperti mengangkat tema negatif yang seharusnya tidak ditonton banyak kalangan di Indonesia.

Akibatnya lagu ini mengalami banyak dukungan juga celaan dari kalangan masyarakat. Banyak kalangan memberi pendapatnya akan video klip ini, seperti mengajarkan akan ritual pemujaan setan maupun menyampaikan hal-hal berbau mistik dari dunia hitam yang tidak baik. AKibatnya para anggota dari Weird Genius pun harus membuat klasifikasi dengan menyampaikan inti konsep dari video klip tersebut agar tidak disalah mengerti oleh khalayak luas. Tidak hanya di Indonesia, dalam sekejap video klip ini langsung populer di media internet Youtube dan dan meluas hingga ditanggapi oleh masyarakat di seluruh dunia. Tidak banyak karya artis yang bisa mencapai popularitas hingga sebesar ini dalam waktu yang relatif cepat.

Mendapat Pujian Dari Berbagai Kritikus Besar

Banyak pihak dari luar negeri yang berasal dari berbagai macam orang pun memberi rasa kagum dan pendapatnya seputar Lathi. Ada yang mengomentari akan konsep dari video klipnya seperti yang disajikan oleh Sara Fajira sebagai sang model sekaligus penyanyi dari video klip ini, konsep pencitraan video klip serta aneka elemen terkait yang digunakan dan dibangun dalam durasi beberapa menit video klip Lathi tersebut, serta tak lupa dalam hal aransemen musik serta penggunaan jenis musik yang dipilih. Banyak kalangan orang yang terbiasa bekerja dengan dunia musik turut memberi komentar dan rasa salut mereka kepada Weird Genius yang namanya belum pernah didengar sebelumnya.

Berbagai kalangan dari banyak belahan dunia juga memberi respon akan karya unik ini. Respon yang diberikan seperti begitu menariknya musik ini terdengar bagi telinga orang yang terbiasa mendengarkan musik dianggap sebagai bentuk suatu hal yang sangat luar biasa. Terlebih lagi grup musik Weird Genius ini belum terlalu terkenal dan baru didirikan dalam waktu yang belum terlalu lama. Sehingga terkesan masih belum berpengalaman. Meski ada beberapa respon yang mengomentari akan faktor menyeramkan dari video klip ini, namun para penontonnya yang berasal dari luar negeri tidak menganggap konsep ini sebagai suatu hal yang berdampak buruk. Bagaimana pendapat anda sendiri akan lagu dan video klip Lathi yang sempat sangat populer beberapa waktu yang silam? Sudahkah anda menontonnya dan aneka video respon dari banyak orang dari hampir seluruh dunia?